Tanaman Hias

TANAMAN HIAS  
National Aeronautics & Space Administration (NASA) dan Associated Landscape Contractors of America (ALCA) yang telah melakukan penelitian terhadap beberapa jenis tumbuhan. Hasilnya, beberapa tanaman hias dalam ruangan ternyata mampu menyerap polutan dan gas-gas berbahaya seperti benzena, xylene, formaldehida, xilena, nitrogen oksida dan berbagai bahan kimia lain yang hadir di udara. Sehingga udara dalam ruangan bisa menjadi bersih dan sehat bagi penghuninya.Tanaman hias umumnya ditanam di luar ruangan. Namun ternyata ada juga tanaman hias yang dapat ditanam di dalam ruangan. Bukan sekedar sebagai penghias ruangan belaka, beberapa tumbuhan dalam ruangan ini ternyata mampu membersihkan udara, menyerap polutan dan gas-gas berbahaya.

Lidah buaya (Aloe vera)
ADVERTISEMENT


Lidah Buaya
Nama latin tumbuhan ini adalah Aloe vera, yang di Indonesia dikenal sebagai lidah buaya. Tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka dan mulai dikembangkan sebagai bahan industri kosmetik, farmasi, dan makanan-minuman kesehatan ini ternyata mempunyai kemampuan sebagai penyerap polutan. Aloe vera mampu menetralisir racun benzena, formaldehida (formalin), dan berbagai bahan kimia lainnya.



Tanaman hias Anthurium
Tanaman hias daun kuping gajahDari banyaknya jenis tanaman hias, anthurium merupakan jenis tanaman hias yang sangat popular. Anthurium merupakan jenis tanaman keluarga Araceae. Tanaman anthurium memiliki kelebihan pada bagian daunnya, memiliki tampilan yang indah dan bervariasi yang membuat tanaman hias jenis daun ini memiliki banyak peminat. Nama anthurium berasal dari bahasa Yunani, yang berarti Eksotis dan menarik, bunga dari anthurium biasanya merah dan mengkilap, dedaunan hijau tua, anthurium mengesankan keramahan bunga ini cukup tahan lama dan keindahan dari bunga ini tidak dapat dipungkiri lagi. Filosofi yang hadir dari tanaman hias anthurium mewakili keindahan, keberuntungan melindungi dan melawan kejahatan. Karena filosofi dan keindahan akan anthurium tidak salah lagi jika bunga ini merupakan bunga dengan harga yang cukup mahal.

Kuping gajah tanaman hias daun jenis Anthurium
Tanaman bias daun kuping gajah merupakan tanaman hias dari jenis Anthurium crystallinum, tanaman ini memiliki daun yang sangat hijau dan berbentuk hati, dengan tekstur lembut dapan pada bagian pinggirnya berwarna silver terang




Tanaman hias Aglaonema



Gambar Tanaman hias daun PhilodendronTanaman hias lainnya yang popular adalah Aglaonema, meskipun biasanya masa trend dari tanaman ini selama two tahun namun tanaman hias Aglaonema masih banyak diminati oleh pecinta tanaman hias. Terlbih lagi jika ada petani bunga yang berhasil mengkombinasikan atau menyilangkan tanaman ini dengan jenis lainnya sehingga dapat melahirkan varian baru dengan corak daun yang beragam. Tanaman Aglaonema atau jenis tanaman yang lebih akrab dengan sebutan sri rejeki oleh masyarakat Indonesia memiliki beragam spesies contohnya Red Silver, Chocin, Miss Thailand, Param Ruay dari beberapa spesies tanaman Aglaonema, jenis Pink Panther merupakan jenis spesies yang harganya masih mahal. Untuk spesies lain seperti Pride of Sumatera, Donna Carmen dan Lady Valentine harganya sudah dapat dijangkau oleh banyak orang. Tanaman hias Aglaonema memiliki kelebihan pada daunnya yang untuk dan bervariasi.Asap yang timbul dapat mengganggu kehidupan sehari-hari misalnya mempengaruhi jarak pandang ketika berkendara.



Tanaman hias Philodendron

Banyak orang memperediksikan bahwa keberadaan bunga ini akan mampu mengeser dominasi Anthurium dan Aglaonema. Tanaman hias Philodendron merupakan tanaman hias keluarga Aracea. Dalam bahasa yunani Philodendron berarti cinta tidak hanya pada daun. Philodendron memiliki batang yang unik jenis dari bunga ini cukup banyak, namun dari berbagai jenis tanaman hias Philodendron, jenis cardinal black merupakan jenis yang paling banyak digemari. Jika dibandingkan jenis bunga Aglaonema dan Anthurium, Jenis bunga Philodendron lebih murah sehingga ini dapat dijadikan tanaman hias daun alternative yang siap untuk menghiasi taman dan ruangan anda.















Tanaman hias daun Puring
Tanaman puring atau dalam bahasa latinnya Codiaeum variegatum meruakan tanaman hias yang sangat populer. Tanaman purin juga di kenal dengan sebutan kroton yang banyak ditemui di pekarangan. Tanaman ini memiliki warna daun yang beragam merah, ungu, hijau, kuning, jingga serta campuran warna lain. Bentuk daun dari tanaman purin panjang oval dan bergelombang. Meskipun tanaman ini dulunya dainggap tidak berharga namun kini tanaman ini memiliki nilai jual yang cukup lumayan dan akan banyak anda temukan jenis tanaman ini di perumahan-perumahan mewah. Jenis tanaman purin yang banyak menjadi incaran adalah jenis Red Aple, Logam, Oscar, Puring Anting Raja, Puring Arjuna , Puring Asmara Jingga dan jenis purin kura.


Posting Komentar

0 Komentar